Ketahui Dampak Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Kolesterol memang membantu tubuh dalam memproduksi vitamin D ataupun sejumlah hormon. Jika kadarnya sesuai dalam tubuh kita, kolesterol tidak membahayakan bahkan akan membantu tubuh untuk membangun sel baru agar berfungsi secara normal. Sayangnya jika kadar kolesterol terlalu tinggi maka akan berbahaya bagi kesehatan karena mengakibatkan penyakit dan komplikasi. Dampak kolesterol tinggi pada seseorang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena jantung koroner. Maka dari itu penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita.



Mengubah pola makan dan berhenti merokok merupakan cara yang akan membantu tubuh mengatasi kolesterol yang tinggi. Sebab apabila dibiarkan terlalu lama maka bisa menyebabkan stroke ataupun penyakit jantung. Apalagi di dalam rokok juga ada zat kimia yang disebut dengan akrolein dimana zat tersebut bisa menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL. Apabila hal itu terjadi maka akan mengakibatkan penyempitan arteri atau aterosklerosis.


Apa Resiko Jika Seseorang Kolesterolnya Tinggi?

Mengetahui dampak dari kolesterol yang tinggi membuat kita bisa lebih waspada. Bahayanya juga bisa timbul akibat dari kebiasaan yang tidak sehat. Misalnya saja seperti makan makanan berlemak dan jarang berolahraga. Seperti yang disebutkan sebelumnya jika tidak ditangani dengan baik maka bisa berisiko mengalami gangguan kesehatan serius seperti serangan jantung ataupun stroke.


Dampak kolesterol tinggi bisa menghambat aliran darah dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Kolesterol yang tinggi juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti sering mengkonsumsi makanan lemak jenuh tinggi, merokok, berat badan yang berlebih ataupun diabetes. Tanpa mendapat penanganan yang khusus dan cepat, kadar kolesterol bisa tinggi dalam darah dan meningkatkan risiko penyakit serius lainnya seperti:


1. PAP atau Penyakit Arteri Perifer

PAP merujuk pada penyakit pembuluh darah yang ada di luar jantung ataupun otak. Di dalam PAP sendiri, timbunan lemak bisa menumpuk di sepanjang dinding arteri dan juga mempengaruhi sirkulasi darah. Utamanya arteri yang mengarah ke kaki. Bisa juga berdampak pada arteri ginjal. Itu sebabnya setiap orang harus mengetahui bagaimana ciri-ciri kolesterol tinggi. Tak lain adalah agar segera dapat mengatasinya.


2. Stroke

Stroke bisa terjadi karena pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat ataupun dalam kondisi pecah. Stroke juga bisa terjadi karena faktor lain seperti suplai darah ke otak tidak mencukupi atau berkurang. Apabila seseorang mengalami stroke maka yang terjadi adalah bagian otak tidak bisa mendapat darah ataupun oksigen yang dibutuhkan sehingga bisa mengganggu fungsi otak seperti pada umumnya. Dampak kolesterol tinggi bisa mengakibatkan seseorang terkena stroke.


3. Hipertensi

Hipertensi atau kolesterol tinggi ternyata saling berhubungan. Dimana ketika arteri mengeras dan menyempit karena plak kolesterol dan juga kalsium maka jantung harus bekerja lebih keras dalam memompa darah. Tekanan darah menjadi tidak normal atau terlalu tinggi. Dampak kolesterol yang menumpuk dalam peredaran darah bisa mengakibatkan aterosklerosis atau penyempitan yang disebutkan sebelumnya.


4. Penyakit Jantung Koroner

Risiko utama dari kolesterol yang tinggi adalah terkena penyakit jantung koroner. Apalagi kadar kolesterol ini juga berhubungan dengan peluang terkena penyakit jantung. Jika terlalu tinggi maka lemak akan menumpuk pada dinding arteri dan berisiko tinggi menyebabkan nyeri dada atau angina.  Tak heran jika seseorang harus mewaspadai penyebab kolesterol tinggi.


Selain mengetahui apa saja dampak kolesterol tinggi pada kesehatan, Anda juga bisa mencermati gejala yang muncul. Karena semakin cepat diketahui semakin cepat juga bisa mengambil tindakan untuk mengatasinya. Salah satu yang bisa Anda waspadai adalah saat kondisi tubuh mudah sekali merasa lelah. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa terjadinya kekurangan aliran darah ke jaringan tubuh.

Post a Comment for "Ketahui Dampak Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai"