Sejak merebaknya wabah covid-19 di Indonesia, pemerintah memberlakukan berbagai aturan sebagai upaya untuk mengatasi penyebaran virus ini. Siswa yang biasanya belajar di sekolah, para pekerja yang berangkat ke kantor, kini tak lagi ada. Sistem belajar dan bekerja dari rumah sudah diberlakukan agar masyarakat tidak banyak berinteraksi dan menerapkan social distancing. Dengan begitu, sebagian besar waktu akan dihabiskan di rumah.

Tetap Produktif disaat Wabah Melanda
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Melakukan pekerjaan di rumah tentu sangat berbeda dengan bekerja seperti di kantor. Hal ini berkaitan dengan suasana, manajemen waktu dan berbagai hal lain yang mungkin akan mengganggu aktivitas bekerja. Jika di kantor tidak ada anak – anak yang mengganggu, maka saat bekerja di rumah Anda harus pandai – pandai mencari cara agar bisa bekerja dengan maksimal.

Tips Agar Tetap Produktif disaat Wabah Melanda

1. Bangun Pagi

Kebiasaan baik yang harus tetap Anda lakukan adalah bangun pagi. Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan. Tubuh akan terasa segar dan siap menjalani hari. Selain itu, dengan bangun pagi Anda juga bisa menyiapkan diri untuk beraktivitas. Awali hari dengan sarapan agar Anda bisa berkonsentrasi saat bekerja. Menjaga kesehatan dan imun tubuh juga sangat penting, sehingga Anda tetap sehat dan gejala corona seperti batuk dan panas tidak sampai Anda alami.

2. Membuat Daftar Pekerjaan 

Agar semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, hal penting yang harus dilakukan adalah membuat daftar pekerjaan. Tulislah apa saja daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan hari ini bahkan esok hari. Dengan begitu, tidak ada pekerjaan yang terbengkalai dan Anda bisa bekerja secara efektif dan efisien.

3. Mengatur Waktu Bekerja

Bekerja dari rumah berarti Anda tidak terikat waktu seperti bekerja di kantor. Namun, ada kalanya Anda harus rapat dengan atasan secara daring di jadwal tertentu. Selain itu, Anda juga harus pandai mengatur konsentrasi agar saat jam bekerja sudah ditetapkan, maka Anda tidak terganggu dengan suasana di rumah yang membuat lalai. Sehingga, diperlukan tempat khusus untuk bekerja dan Anda harus fokus dan konsentrasi saat jadwal bekerja.

4. Menentukan Waktu Istirahat

Selain mengatur waktu bekerja, Anda juga harus mengatur waktu untuk istirahat. Hal ini penting agar Anda tidak terlalu stres bekerja dan pekerjaan yang dilakukan bisa maksimal. Apalagi saat bekerja di rumah, waktu seakan berjalan begitu cepat. Jangan biarkan semua waktu berlalu hanya untuk bekerja dan lupa untuk istirahat. Lakukan jadwal bekerja dengan disiplin dan juga waktu untuk istirahat sehingga Anda bisa istirahat sejenak dari layar laptop atau HP.

5. Menjaga Komunikasi Dengan Rekan Kerja

Meskipun perusahaan Anda menerapkan sistem Work From Home, Anda harus memastikan untuk menjaga komunikasi dengan rekan kerja. Manfaatkan kemajuan teknologi seperti aplikasi perpesanan dan panggilan video untuk membahas tentang pekerjaan. Hal ini untuk menghindari miskomunikasi antar rekan kerja yang bisa menimbulkan masalah baru. Target – target pekerjaan tentu juga akan bisa tercapai apabila menjaga komunikasi meskipun bekerja dari rumah.

Nah, agar kesehatan tetap terjaga selama bekerja dari rumah, tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi Halodoc. Aplikasi ini merupakan layanan kesehatan dari Halodoc yang dilayani langsung oleh dokter umum dan dokter spesialis yang berpengalaman dan terpercaya. Layanan ini gratis selama 24 jam. Berbagai metode aplikasi seperti Chat, Voice/Video Call dari smartphone bisa Anda nikmati kapan saja dan dimana saja. Bagi Anda yang tinggal di kota besar, layanan beli obat bisa langsung diantar sampai rumah.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Tetap Produktif disaat Wabah Melanda