Powerpoint adalah salah satu aplikasi keluaran microsoft yang khusus dikembangkan untuk presentasi. Dalam perkembangannya,  powerpoint tidak hanya untuk presentasi tapi juga proses kreatif pembuatan video, periklanan, desain dan keperluan lain. Powerpoint beroperasi di sistem operasi microsoft windows dan OS lain seperti Apple Macintosh.

ASPEK EDUKASI

Powerpoint menyediakan dua jenis properti pergerakan, yakni Animation dan Transition. Dengan dua fasilitas ini membuat para user bisa melakukan presentasi dengan lebih menarik dan atraktif.  Animasi yang bisa dicustom tidak hanya sekedar slide per slide, tapi juga bisa untuk object teks, grafik, suara dan object lainnya.

Powerpoint dalam pengoperasiannya tidak jauh dengan word dan excel. Perintah-perintah yang ada di microsoft word dan dan excel bisa di gunakan di powerpoint. Insert text, shape, table dan chart yang biasa dilakukan di word juga bisa dilakukan di word. Bedanya, powerpoint bisa memasukan video, musik dan media lain yang suport. 

Kebanyakan dari kita mungkin berfikir bahwa powerpoint hanya untuk presentasi. Padahal jika kita olah lebih dalam, ada beberapa fasilitas dipowerpoint yang bisa kita gunakan untuk pembuatan berbagai  media publikasi. 

Desain

Slide pada poerpoint dengan berbagai template yang menarik bisa kita gunakan untuk pembuatan poster, leaflet dan media publikasi lainnya. Tampilan yang menarik ini bisa kita save as dalam bentuk gambar seperti  png, jpeg dan lainnya. Untuk publikasi instagram, facebook dan medi sosial lain bisa kita gunakan pixel sesuai gambar yang pas untuk beranda medsos. 

Movie

Di powepoint memungkinkan kita untuk untuk membuat video atau movie. Movie yang kita buat bisa memadukan antara content teks, gambar bergerak, musik, sound dan potongan video lain. Dengan memahami  penggunaan animation dan transition memungkinkan kita membuat video yang menarik dan elegan. 

Ebook

Selain menyimpan dalam format ppt untuk presentasi, kita juga bisa save as to pdf dengan mudah. Fasilitas ini tersedia di powerpoin versi tertentu. Jadi, apabila kita menginginkan materi kita dibuat dalam bentuk ebook atau buku cetak sekalipun, bisa kita desain langsung dari powerpoint.
Media  pembelajaran
Dipowerpoint ada perintah atau menu actionm yang tidak bisa kita temukan di  MS word. Menu action ini bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan. Dengan menu action kita bisa gunakan dua pilihan, yakni mouse klik dan mouse over. Mouse klik bisa diarahkan ke halaman antar slide, mengaktifkan program tertentu, perintah on sound, memutar video, run macro dan membuka halaman website. Jika kita kreatif, fasilitas ini bisa kita gunakan untuk pembuatan game sederhana seperti tebak gambar, tebak warna, tebak suara, multiple choice dan lain-lain. Masalah ini akan kita bahas dalam bahasan tersediri masih dalam artikel ini. 

Web page

Bagi kita yang membutuhkan halaman website, ternyata powerpoint bisa kita gunakan juga untuk desain web. Kita tinggal gunakan save as to web page dengan extention  htm. Atau html.   Namun, karena powerpoint bukan sofware web desain tentu hasilnya tak semenarik hasil desain di software web desain lainnya.
Itulah beberapa hal yang berkaintan dengan microsot powerpoint. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. 


ASPEK KREATIVITAS

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal artikel ini bahwa powerpoint bisa kita gunakan untuk membuat video atau movie. Movie tersebut bisa kita buat dari desain powerpoint sendiri ataupun memadukan beberapa video menjadi satu video. Bisa juga kita hanya memasukan kredit atau narasi dalam video tersebut. 

Baik sekedar contoh kali ini kami akan mencoba berbagi sendikit caara membuat video dari powerpoint. 

Pertama, kita bukan microsofot powerpoint  dan buat slide baru dengan cara klik new  lalu klik Blank Presentation lalu create pada bagian pojok bawah kanan. Silahkan lihat Gambar 1.

Amazingnya fasilitas Powerpoint untuk berbagai media publikasi
Gambar 1
Selanjutnya  masukan text di slide pertama sebagai berikut :  TUTORIAL PEMBUATAN VIDEO

Dan pilih animasi yang sesuai dengan pilihan kita. Karena ini tampilan pembuka, kita bisa pilih animasi fly in. Animasi ini akan menampilkan tek Tutorial Pembuatan Video tadi melayang dari arah yang sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa tambahkan pembuat video di bagian judul bawah, pada kali ini saya masukan nama gembel kreatif untuk pembuat video ini.

Amazingnya fasilitas Powerpoint untuk berbagai media publikasi
Gambar 2

Selanjutnya kita masukan beberapa  potongan video di  slide awal  untuk mempercantik tampilan intro video kita. Klik insert lalu pilih movie sesuai gambar di bawah ini. Hasilnya bisa kita lihat seperti di bawah ini.

Amazingnya fasilitas Powerpoint untuk berbagai media publikasi
Gambar 3
Untuk selanjutnya kita masukan video-video yang kita ingin tayangkan pada slide berikutnya. Hal yang terpenting dari pembuatan kita ini adalah kita harus bisa setting penayangan video, karena ini akan dibuat video yang tidak memerlukan klik untuk menayangkan video, maka kita harus seting video-video tersebut tayang otomatis.  Hanya saja kita harus tahu kapan vide tersebut mulai diputar dan urutan video mana yang lebih dulu diputar.

Ingat, di powerpoint kita bisa memutar video secara bersamaan antara  video yang satu dengan lainnya. Jadi, untuk masalah ini kita perlu ketelitian dan ketekunan. Untuk mengantisipasi  video yang tidak berkesimbungan, sebaiknya video yang akan kita satukan diurut berdasarkan keinginan kita.

Dalam mengurut tayangan video, tentunya harus kita perhatikan hal berikut :

1.    Tempat

Misal pada potongan pertama ada video potongan waktu dipantai, lalu pindah ke video tayangan waktu di gunung. Kalau hanya dua, tentu ini tidak terlalu menganggu tayangan, namun jika videonya banyak, jangan sampai tempat tayangan berutar-putar dari tempat pantai, ke pegunungan dan balik lagi ke pantai. Jadi, saran admin, sebaiknya urutkan video tersebut di dalam polder sebelum insert ke powerpoint.

2.    Situasi

Misal kita hendak membuat video publikasi kegiatan gathering perusahaan. Tentu harus kita paham kegiatan tersebut mulainya dari bagian mana. Agar kegiatan dan dokumentasi sesuai. Misal saat mulai acara dilakukan pada malam hari, berlanjut ke siang hari baru ditutup dengan tayangan ketika malam hari. Jangan sampai antara siang malam dan pagi dicampur aduk sehingga tayangan video kurang runut.

Baik, selanjutnya setelah video disusun berdasarkan waktu dan tempat kegiatan. Selanjutnya kita masukan video tersebut ke slide sesuai dengan keinginan kita. Untuk video ini harus kita setting agar ketika video tampil maka  video menjadi  fullscreen. Caranya sebagai berikut :

Klik pada box animation  lalu pilih effect option dan pilih  movie settings. Lalu centang Zoom to Full Screen.  Perintah ini akan membuat video kita tayang full screen.

Amazingnya fasilitas Powerpoint untuk berbagai media publikasi
Gambar 4
Setelah proses pembuatan selesai. Selanjutnya kita save as powerpoit kita dalam format video.  Dengan cara pilih export video dengan klik Create a Video lalu pilih kualitas video atau waktu klik dan setelah itu baru klik Create Video.

Amazingnya fasilitas Powerpoint untuk berbagai media publikasi
Gambar 5

Demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

1 komentar untuk Amazingnya fasilitas Powerpoint untuk berbagai media Publikasi

avatar
Bagus Surochman
# January 10, 2019 at 7:23 PM

Kalo di tempat kerjaku..ini cocok buat edit presentasi.. Sekalian belajar bikin animasi slide untuk promosiin produk juga bisa pakai aplikasi ini..

Balas Hapus