Selamat datang di Blog GemBel Kreatif, kali ini bercuap-cuap tentang Daun Cincau dengan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan. Seperti biasa, Blog GemBel Kreatif akan bercuap-cuap tentang Daun Cincau dengan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan dari sisi Edukasi & Kreatifitas. Di bawah ini cuap-cuap kami, silakan berinteraksi melalui kolom komentar.


Daun Cincau dengan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan
Dok. Pribadi

Aspek Edukasi


Cincau, menurut sumber yang saya temukan kata “Cincau” merupakan dialek Hokkian sienchau (xiancao) lazim dikalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Sedangkan arti menurut kata “Cincau” adalah nama tumbuhan (Meson asp) yang notabene menjadi bahan utama pembuatan jeli untuk minuman/sirup. Cincau merupakan gel serupa agar-agar yang diperoleh dari rendaman daun (atau organ lain) tumbuh-tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Disebutkan, Cincau juga memiliki efek penyejuk serta penyeluruh.

Masyarakat Indonesia kerap sekali mengkonsumsi agar-agar yang berbahan dasar Cincau ini, dari pada membeli agar-agar instan.  Mengapa tidak??? Cincau dari jenis apapun memiliki banyak khasiat, dan yang paling popular ditelinga kita adalah dapat menurunkan panas di dalam tubuh, menghilangkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah sembelit.

Menurut sumber yang mengutip dari Wikipedia, sebab tingginya kandungan estrogen di dalam akar Mesona, maka minumam Cincau menjadi popular dikalangan wanita Vietnam, karena dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. Cincau pada sisi umumnya, sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Cincau yang sangat kaya akan mineral ini, terutama kalsium dan fosfor acap kali digunakan sebagai teman berdiet, mengapa demikian??? Karena Cincau juga rendah kalori namun tinggi akan serat, dalam 330 gram cincau hitam tanpa tambahan bahan lainnya, terkandung 184 kalori.

Masih dengan manfaat cincau bagi kesehatan, cincau dapat menanggulangi kanker, karena cincau dapat bermanfaat untuk membersihkan organ pencernaan dari karsinogen, yang sejatinya dapat menyebabkan kanker. Masih dengan kanker, cincau mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan s-tetandrin yang berkhasiat mampu mencegah adanya kanker pada ginjal, dan anti radang. Senyawa lain yang dikandung cincau, yakni isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.

Menukil dari sumber, ada beberapa penelitian tentang cincau menunjukkan bahwa daun cincau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida, yang mana zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. Yang pastinya cincau mengandung klorofil, banyak literature yang menyebutkan bahwa zat hijau daun ini mampu berfungsu sebagai antioksidan, antiperadangan, dan antikanker.

 

Jenis-Jenis Cincau di Indonesia

Setalah kita berjalan-jalan dengan asal muasal dan sedikit pembahasan tentang manfaat cincau, kini kita berlanjut ke jenis cincau. Menurut Wikipedia yang dinukil oleh Just Try & Taste, di Negara kita Indonesia ini dikenal tiga jenis tanaman yang bisa diolah daunnya menjadi cincau, yakni:

1.    Platostoma palustre (Mesona palustris)

Biasa dikenal dengan Chine Mesona atau Cincau Hitam (Black Jelly), merupakan spesies tanaman yang termasuk ke dalam keluarga mint. Bentuk fisiknya menyerupai tanaman mint dengan tinggi tanaman sekitar 15 hingga 100cm, memiliki batang dan dau berbulu. Tanaman ini biasanya dikenal dengan nama xiancao dalam bahasa China Mandarin. Di Negara maju daun-daun cincau hitam diolah manjadi serbuk instan yang mirip dengan bubuk jelly atau agar-agar, sehingga praktis saat akan digunakan.

 

2.    Melastoma polyanthum

Lebih dikenal dengan nama Cincau Perdu, tanaman cincau ini memiliki bentuk fisik dengan ketinggian sekitar 2- 4 Meter, batangnya kokoh berkayu dan memiliki daun-daun yang lebar, semakin tua semakin tebal daunnya, nah resep cincau rahasia yang belum banyak orang tahu, menggunakan cincau jenis ini, simak resepnya di bagian Aspek Kreatifitas di bawah Artikel ini ya. Disisi batangnya yang sudah tua akan ditemui akar gantung pada ruas-ruasnya, sehingga dapat dengan mudah jika kita ingin menanamnya yakni cukup dengan cara Stek. Tanaman cincau ini dapat hidup menahun, karena termasuk ke dalam jenis perdu.

 

3.    Cyclea barbata

Lebih dikenal dengan sebutan Cincau Hijau Rambat atau Green Grass Jelly. Tanaman Cincau jenis ini yang umum dikenal oleh masyarakat kita. Jadi teringat masa lampau waktu saya masih duduk dibangku Sekolah Dasar, saya dan teman-teman sering bermain-main dengan tanaman cincau jenis rambat ini. Bentuk fisik, memiliki batang yang kecil dan merambat dengan daun-daun yang rimbun sampai batangnya takterlihat. Daunnya berbentuk seperti daun sirih, hanya saja cincau ini terlihat kusam permukaan daunnya.

 

Manfaat Cincau Bagi Kesehatan

Setelah mengenal lebih dalam tentang Tanaman Cincau, tentu anda ingin tahu apakah cincau dapat digunakan selain sebagai bahan makanan??? Daun cincau selain dapat diolah menjadi Jelly, dapat pula digunakan secara praktis dibidang kesehatan. Berikut saya kutip dari Klinik Pengobatan Alami, yakni “Cara Meracik Daun Cincau Sebagai Obat” mari simak lebih detail sebagai berikut.

 

1. Panas Perut, Tekanan Darah Tinggi

Bahan:
Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih, jeruk nipis, air 1 gelas, madu/gula.
Cara:
~  Remas-remas daun cincau lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain.
~  Tambahkan jeruk nipis sesuai selera.
~  Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar.
~  Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup, atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lalu diminum.

 

2. Disentri

Bahan:
Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih, jeruk nipis, air 1 gelas, madu/ gula.
Cara:
~  Remas-remas daun cincau lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain.
~  Tambahkan jeruk nipis sesuai selera.
~  Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar.
~  Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup, atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lalu diminum. Minum selama seminggu berturut-turut.

 

3. Sariawan

Bahan:
Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih, jeruk nipis, air 1 gelas, madu/ gula.
Cara:
~  Remas-remas daun cincau lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain.
~  Tambahkan jeruk nipis sesuai selera.
~  Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar.
~  Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup, atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lalu diminum. Lakukan selama 5 – 7 hari berturut-turut.

 

4. Bisul

Bahan:
Sediakan daun cincau hijau secukupnya.
Cara:
~ Cuci bersih kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian yang bernanah. Ini berkhasiat untuk mengeluarkan nanahnya.

 

5. Demam

Bahan:
Ambil rimpang tanaman cincau, cuci bersih kemudian diiris halus.
Cara:
~  Rebus dengan air secukupnya.
~  Minum ramuan tersebut setelah matang.
~ Bisa juga rimpang tersebut diseduh dengan air panas secukupnya kemudian diminum.

Mulai sekarang, coba anda tanam cincau di halaman rumah dan dapatkan manfaatnya. Kalau di rumah anda tidak memiliki pekarangan yang cukup, tenang jenis Cincau Hitam & Cincau Hijau Rambat bisa jadi alternative anda yang tidak memiliki pekarangan, mengapa??? Karena anda dapat menanamnya di pot-pot kecil yang dirangkai sedemikian rupa, sehingga dapat diletakkan ditempat dimana anda suka, namun jangan diruangan tertutup hehehee. Carilah tempat yang terkena pancaran sinar matahari.


Aspek Kreatifitas

Pada Aspek kreatifitas, saya mengangkat aktifitas kreatif mengenai Daun Cincau. Yang saya ambil yakni resep pembuatan Jelly Daun Cincau jenis Perdu, yang belum diketahui oleh banyak orang. Perihal resep, saya langsung dapatkan dari empunya. Jadi, jangan berfikiran ini adalah resep ngasal!!! Kalau tidak percaya, silakan coba resep yang saya jabarkan di bawah ini.


Bahan 1:
Abu Klaras (Daun Pisang Kering Dibatang)

Cara Pembuatan:
Pembuatan Abu Klaras yakni dengan membakar daun pisang yang sudah kering dibatang tadi, kemudian tunggu hingga api benar-benar membakar habis daun pisang. Ambil abu hasil pembakaran tadi (mengambilnya jangan sampai dasar pembakaran, ambil bagian atas-atas saja), kemudian diayak dengan kain yang kemudian akan menghasilkan abu klaras yang halusnya menyerupai tepung (tidak kretes-kretes). Untuk Abu Klaras ini, dapat anda kumpulkan sebanyak-banyaknya, memudahkan kita jika memerlukannya lagi suatu saat.

Bahan 2:   
Segenggam Daun Cincau Perdu
1 Liter Air Minum*
1 Gelas Air Hangat** (untuk melarutkan Abu Klaras)
Air Secukupnya*** (untuk merebus Daun Cincau)
Air Tawar**** (untuk mendinginkan Daun Cincau)
2 Sendok Makan Abu Klaras

Keterangan:
~ Segenggam Daun Cincau Perdu di atas kalau ditimbang, kira-kira 1gram lebih, jangan 1gram pas agar ketika proses pembentukan jelly tidak terlalu lama. Perhitungan bahan adonan ini berlaku kelipatan, jika Daun Cincau 10 Genggam, berarti menggunakan 10 Liter air (boleh kurang sedikit, jangan sampai lebih).
~ Saringan yang dipakai adalah Kain Kaos.

Setelah semua bahan telah tersedia, mari kita simak langkah-langkah pembuatannya.
Resep Cincau Rahasia banyak Orang Belum Tahu
Dok. Pribadi

Cara Pembuatan Jelly Daun Cincau Perdu ala Bu' De Halinah:

1. Daun Cincau dicuci sampai bersih
2. Rebus Air Secukupnya*** (bukan Air Minum yang 1 Liter)
3. Daun Cincau yang telah dicuci bersih, letakkan ke dalam wadah yang agak lebar
4. Siramlah Daun Cincau yang ada pada wadah, dengan Air yang direbus pada langkah 2, sambil dibolak-balik hingga Daun Cincau layu rata.
5. Daun Cincau yang sudah layu, ditiriskan siram dengan Air Tawar****, dan tiriskan.
6. Potong kecil-kecil Daun Cincau, kemudian Blender, dalam proses pem-Blenderan ini gunakan Air Minum 1 Liter* yang telah di sediakan di atas, Blender hingga halus.
7. Adonan hasil pem-Blenderan, diperas menggunakan kain kaos sampai warna hijau Daun Cincau berubah putih, taruh adonan dalam wadah yang rata (loyang).
8. Larutkan 2 Sendok Makan “Abu Klaras” ke dalam 1 Gelas Air Hangat** aduk sampai rata.
9. Tuangkan Abu Klaras yang sudah benar-benar larut, ke dalam adonan Daun Cincau, dengan disaring menggunakan Kain Kaos (ini bermaksud agar abu tidak masuk ke dalam adonan, melainkan hanya sari klarasnya saja).
10. Aduk campuran sari Klaras & Adonan Daun Cincau sampain benar-benar rata, kemudian diamkan 2-3jam. Selamat mencoba…

Jelly Daun Cincau ini cocok disandingkan dengan berbagai tambahan, disandingkan dengan versi Es Buah, Santan, Dll.

Jelly yang dihasilkan dengan proses ini benar-benar beda, resep ini langsung disampaikan oleh salah satu pedagang Es Cincau keliling yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh warga Desa Marga Mulya Kec. Sungai Bahar Kab. Muaro Jambi setiap harinya. Bu’ De Halinah, itulah panggilan akrab penjual Es Cincau keliling ini. Semoga resep ini bermanfaat anda, dan kita semua. Bila ada pertanyaan seputar Resep, silakan tinggalkan dikolom komentar.

Mari gali potensi edukasi dan kreatifitas kita sedini mungkin, tetap tradisikan "Gemar Belajar & Kreatifitas". Sekian artikel tentang Daun Cincau dengan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

1 komentar untuk Daun Cincau dengan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan - Ada Resep Rahasia yang Belum banyak Orang Tahu

avatar
Riyadlus Sholihin
# July 22, 2016 at 1:01 PM

Resepnya manteep, dicoba ahh...

Balas Hapus